Wednesday, June 1, 2016

Zvonimir Boban Ditunjuk Sebagai Wakil Sekjen FIFA

Mantan kapten timnas Kroasia dan juga salah satu legenda AC Milan, Zvonimir Boban, mendapat kedudukan tinggi di FIFA. Pada Senin (30/5/2016) waktu setempat, badan tertinggi sepak bola dunia itu mengangkat Boban sebagai satu dari dua wakil sekjen baru. Info Sepakbola Indonesia

Boban (47), akan menjadi "pilar sepak bola" dari administrasi baru FIFA. Menurut pernyataan FIFA, dia akan fokus pada pengembangan pertandingan dan organisasi dari berbagai kompetisi.

Sementara itu Marco Villiger, yang baru-baru ini menjabat sebagai direktur legal FIFA, diangkat sebagai wakil sekjen yang lain dan akan berkecimpung di bidang komersial dan operasi administrasi.

Pengangkatan pejabat tersebut diumumkan oleh sekjen baru FIFA, Fatma Samoura, yang memberikan konfirmasi untuk memisahkan bidang administrasi dari badan olahraga ini ke dalam dua bagian. Samoura merupakan perempuan pertama yang memegang jabatan tersebut.

Acara pengukuhan wakil sekjen FIFA itu tidak terbuka untuk wartawan, tetapi FIFA mengatakan bahwa pejabat asal Senegal yang sebelumnya berkarier di PBB dan tidak memiliki pengalaman sepak bola itu telah memberi sebuah inspirasi.

Selama masih aktif menjadi pemain, Boban 51 kali tampil untuk timnas Kroasia dan menjadi kapten saat negaranya merebut posisi ketiga pada Piala Dunia 1998, yang menjadi penampilan terbaik mereka. Dia juga ikut memenangi empat gelar Serie A dan Liga Champion selama sembilan tahun berseragam AC Milan.

Baru-baru ini, Boban bekerja sebagai komentator sebuah televisi di Kroasia dan Italia.


Sumber : kompas.com